Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah AMPHURI Ikuti Karantina di Jeddah
December 24, 2021
Hari Ini, Tim Advance Mitigasi Sistem Umrah AMPHURI Bertolak ke Madinah
December 28, 2021

AMPHURI Gandeng Bank BSI dan Laznas BSMU Gelar Khitanan Massal Anak Sholeh

AMPHURI.ORG, JAKARTA–Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) kembali menggelar aksi sosial AMPHURI Peduli berupa Khitanan Massal Anak Sholeh, pada Ahad (26/12/2021). Tahun ini, AMPHURI bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Laznas Bina Sejahtera Mitra Umat (BSMU) memfasilitasi khitanan 74 anak yang berasal dari wilayah Jakarta dan Bekasi.

Ketua Umum AMPHURI Firman M Nur dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosial ‘para pelayan tamu Allah’ rutin dilaksanakan setiap akhir tahun oleh keluarga besar AMPHURI beserta mitra kerjanya sebagai bentuk upaya membantu membahagiakan anak-anak muslim yatim dan dhuafa beserta keluarganya dalam menjalankan kewajiban seorang muslim yakni sunat.

“Alhamdulillah, di tengah kesulitan usaha akibat pandemi yang belum berlalu, anggota AMPHURI beserta mitra kerjanya terus bergandengan tangan untuk membantu keluarga muslim dalam menjalani kewajibannya, salah satunya khitan bagi anak laki-laki,” kata Firman dalam sambutannya saat membuka acara Khitanan Massal Anak Sholeh di halaman kantor DPP AMPHURI, Jakarta, Ahad (26/12/2021).

Menurut Firman, dalam ajaran agama Islam, sunnatan atau khitanan merupakan suatu kewajiban yang harus dijalani khususnya bagi kaum laki-laki. Khitanan dilakukan sebagai salah satu simbol bahwa mereka akan segera memasuki masa baligh atau beranjak ke usia dewasa. Hal ini sejalan dengan kesehatan, khitanan adalah salah satu upaya untuk mencegah tumor yang disebabkan oleh penumpukan skema yang diduga kuat besifat karsinogenik, parafimosis dan kadiloma akuminata.

“Alhamdulillah, tahun ini, selain didukung penuh oleh anggota, AMPHURI juga kembali mendapatkan dukungan dari Bank Syariah Indonesia dan Laznas BSMU serta Klinik Sunat 123 yang menjadi mitra kami,” ujarnya.

Lebih lanjut Firman menegaskan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk upaya AMPHURI dalam turut terlibat dan melibatkan diri untuk menyelamatkan umat bahkan negeri ini dari keterpurukan yang memang harus terus dikampanyekan. Di satu sisi langkah ini diniatkan untuk memberi pemahaman, penanaman jiwa sosial, kepedulian kepada umat Islam, agar tetap semangat berbagi antar sesama demi masa yang cemerlang.

“Terlebih di masa pandemi covid-19 yang masih belum pulih normal ini, kami pun sangat merasakan kesulitan yang mereka rasakan, karena itu kami coba kembali mengadakan program ini, semoga terus berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara perwakilan Bank Syariah Indonesia (BSI) Yudoyono menyampaikan bahwa apa yang dilakukan AMPHURI sejalan dengan program sosial pihaknya. Dimana Bakn BSI tidak sekedar melulu kerjasama dalam menjalankan bisnis, tapi juga dalam kegiatan sosial.

“Kami memiliki program Corporate Social Responsibility atau dikenal dengan CSR sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab kami pada kondisi sosial dan lingkungan,” ujarnya.

Yudo pun menilai bahwa di sisi lain, kegiatan sosial ini juga mengingatkan para pelaku usaha bahwa apa yang dilakukan selama ini agar selalu diniatkan untuk beribadah. Begitu pula sebaliknya, agar masyarakat juga mengetahui bahwa keberadaan para pelaku usaha yang turut peduli dengan kondisi lingkungan. Sehingga, masyarakat tidak merasa hidup dalam kesendirian dalam menghadapi masalah ketidakberdayaannya.

Yudo menambahkan, dalam pengelolaan dan penyaluran dana kebajikan yang dihimpun pihaknya dibantu oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Bina Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU).

“AMPHURI menjadi mitra kerja kami tidak hanya dalam hal penyelenggaraan haji dan umrah, tapi juga dalam bidang sosial, salah satunya pada hari ini kita mengadakan khitanan massal bagi anak yatim dan keluarga dhuafa. Semoga ini menjadi amal ibadah bapak dan ibu semuanya,” ujarnya. (hay)

Leave a Reply