AMPHURI Hormati Keputusan Pemerintah yang Batal Berangkatkan Jamaah Haji 2021
June 3, 2021
Berikut ini Prosedur Pengembalian Setoran Pelunasan
June 4, 2021

Kemenag Minta Masyarakat Waspadai Info Hoax Soal Haji

AMPHURI.ORG, SEMARANG—Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Khoirizi mengakui saat ini masih banyak beredar di masyarakat informasi tidak benar (hoax) terkait keputusan pemerintah tentang pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun 2021. Beberapa poin hoax tersebut diantaranya adalah penundaan keberangkatan jamaah haji Indonesia dikarenakan vaksin Sinovac yang belum dilinsensi oleh WHO.

“Hal ini jelas keliru karena sampai saat ini, negara Arab Saudi belum mengumumkan pemberian kuota ke negara manapun,” tegas Khoirizi dalam acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan ibadah haji dan Umrah di Semarang, Jumat (4/6/2021).

Khoirizi mengakui bahwa penundaan tersebut bukan karena vaksin sinovac, namun karena siapapun dengan kepentingan apapun yang hendak masuk Arab Saudi dari Indonesia dilarang.

 Kemudian kaitannya dengan informasi tentang utang pemerintah Indonesia kepada Arab Saudi, Khoirizi menegaskan kembali bahwa pemerintah Indonesia sama sekali tidak memiliki hutang kepada Arab Saudi.

“Kami sudah siap membayar kontrak pelayanan Haji tahun ini, namun pihak penyedia dari Arab Saudi belum ada keputusan ada haji atau tidak,” jelas Khoirizi.

Informasi Hoax lainnya yaitu terkait dengan dana haji digunakan untuk kepentingan lain di luar perhajian. Ia menegaskan bahwa dana haji aman dibawah Pengelolaan BPKH yang berdasar pada Undang-Undang Nomor 34 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

“Jamaah haji yang hendak melakukan penarikan pelunasan pun bisa dilakukan,” jelas Khoirizi. (hay)

Leave a Reply